Kesalahan Penggunaan Kata Absen


"Baiklah anak-anak, sebelum mulai belajar, saya ingin tahu nama kalian terlebih dahulu. Tolong ambilkan daftar absensi kelas X di ruang TU."

 "Baiklah anak-anak, sebelum mulai belajar, saya ingin tahu nama kalian terlebih dahulu. Tolong ambilkan daftar hadir kelas X di ruang TU."


Pernahkah kalian mendengar kalimat tersebut saat berada di kelas? Menurut kalian, kalimat manakah yang lebih tepat menurut pemilihan kata dan maknanya?

Yup! kalimat kedua yang lebih tepat. Jika kita perhatikan arti kata absen atau absensi, kata tersebut berasal dari bahasa Inggris "Absent" dan "Absence" yang berarti ketidakadaan atau jika ditujukan kepada seseorang dalam suatu situasi bisa berarti ketidakhadiran. Jadi penggunaan kata absensi atau mengabsen saat akan mengecek kehadiran (siswa) itu sangat tidak tepat. Karena dalam penggunaan sehari-hari kata tersebut sudah sering dipakai dan melekat, maka seakan-akan kalimat pertama di atas itu tepat. Padahal makna kata absen sendiri merupakan kebalikan atau antonim dari hadir. Jika kalian masih sering menggunakan kalimat pertama di atas, maka sekarang saatnya kalian menggantinya dengan menggunakan kalimat kedua.

@royndiki



No comments:

Post a Comment