Bukan Ternak Guppy

Hello.. Perkenalkan, saya peternak ikan guppy paling kece dari Banjaran. *okeskip!*

Jadi begini sodarasodara. Awalnya saya ga berniat buat pelihara ikan guppy ini. Sampai suatu hari (sekitar awal 2013), saya baca artikel online tentang aquascaping. Bagi yang belum tau apa itu aquascaping, pengertian secara umumnya itu seni membuat ekosistem air buatan yang lebih menekankan pada unsur tata letak tanaman air, batu-batuan, kayu atau akar kayu yang membentuk pepohonan dan beberapa hewan air. Setelah baca artikel itu, saya tertarik mencoba membuat sendiri di rumah. Karena di rumah ada 2 akuarium yang ga terpakai, saya hanya perlu membeli perlengkapan dasar ber-aquascaping seperti tanaman air, pupuk cair, pasir untuk media tanam tanaman air, filter air dan beberapa ikan ikan kecil (neon tetra, zebra, guppy, alga eater).

Singkat cerita, setelah beberapa minggu (sekitar 2 bulan) ber-aquascaping, beberapa tanaman air dalam akuarium layu, daunnya menguning dan akhirnya mati. Entah mungkin gara-gara pupuknya kurang atau mungkin gara-gara cahaya yang ada di akuariumnya kurang. Ikan pun ikut-ikutan mati dan hanya beberapa saja yang masih sehat dan lincah. Berhubung waktu itu di dalam akuarium lebih banyak ikan guppy nya (jantan dan betina), tanpa disengaja dan tanpa diharapkan *hahaha* perut ikan-ikan guppy betina bertambah buncit, nampak seperti akan meletus. Setelah 4-5 hari sejak perut guppy betina itu membuncit, di akuarium nampak ikan-ikan super kecil yang agak transparan yang ternyata anak-anak guppy.
#Loh, tau dari mana kalau itu anak guppy?
Yoooy, setelah ada ikan-ikan kecil itu perut guppy betina mengecil, ga buncit lagi.

Singkat cerita lagi, sejak kelahiran anak anak guppy homebreed (berkembangbiak di akuarium di rumah) pertama itu, kalau dihitung sampai sekarang mungkin ada sekitar 300an ekor guppy homebreed. Guppy memang  termasuk ikan yang perkembangbiakannya terbilang cepat dan tahan terhadap penyakit. Sampai sekarang pun di akuarium saya ada guppy generasi pertama yang masih hidup. 

-to be continued-

aquascape set pertama + guppy pertama

anak-anak guppy umur 4 hari



atas: guppy homebreed generasi pertama (masih sehat sampai sekarang)
gtengah: guppy non-homebreed, bawah: guppy non-homebreed dan homebreed generasi ke-5
  

No comments:

Post a Comment