Krisis Percaya Diri


Beberapa formulir biasanya tercantum sebuah pertanyaan dalam satu kolomnya tentang “Penyakit berat yang pernah diderita?” Saya gak pernah mengisinya. Meskipun sebenarnya saya seorang penderita. Buat saya, ini masuk kategori penyakit berat. Krisis kepercayaan diri. Pernah mengalami? Saya harap jangan. Apalagi sekronis saya.

Gak banyak yang percaya kalo saya termasuk orang yang punya masalah dengan kepercayaan diri, tapi penyakit itu ada dan kadang kumat. Paling parah kalo sampai saya ingin jadi orang lain. Bukan karena iri. Karena kadang saya gak tahan menjadi diri sendiri. Sering saya beradu argumen dengan diri sendiri, tentang saya gak bisa sehebat orang lain, tentang saya yang gak segigih orang lain, atau kadang saya yang gak bisa tampil segaya dan sekeren orang lain.

Saya kurang semangat? Saya terlalu aneh? Saya terlalu moody? Saya terlalu banyak ngomong? Saya terlalu banyak ngeluh bahkan tentang orang lain? Ya, saya tau, saya sendiri gak suka. Anyway, seterusnya semuanya itu jadi bahan evaluasi buat saya. Berusaha menjadi lebih baik buat diri sendiri dengan apa yang saya sudah punya, tanpa harus jadi orang lain, bahkan lebih dari orang lain.

No comments:

Post a Comment